Yuk Kenali budaya Solo

Bicara mengenai budaya , akan banyak sekali hal yang bisa kita bahas dari sebuah budaya. Nah kali ini kita akan membahas tentang ekplorasi budaya yang ada di sekitar kita. Menemukan dan mengekplorasi hal menarik disekitar kita yang sebenarnya adalah salah satu sebuah budaya menarik. Berkaitan hal tersebut kita membahas dan mengenal sebuah kota ( kota manapun itu )yang mana sebagai rumah kita, rumah kita adalah budaya.


Seperti yang saya katakana diawal , kita akan membahas sebuah kota dan tentunya tema ekspolrasi budaya. Disini saya mengajak kamu “Mengenal Kota Solo, Kota Budaya Bikin Kangen Semua Orang”. Kota yang harmonis , kota budaya dan banyak hal menarik yang bisa kamu temui diseluruh sudut kota.

Kota Solo , banyak orang mengenal dengan nama itu. Sebuah kota yang secara administratif atau resmi nya adalah Kota Surakarta , Kota seluas 44 km2 terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten disekitarnya yaitu Kabupaten Karanganyar , Kabupaten Boyolali , Kabupaten Klaten , Kabupaten Sukoharjo , Kabupaten Sragen dan yang terakhir Kabupaten Wonogiri . Sisi timur kota ini dilewati sungai legendaris di Indonesia yaitu Sungai Bengawan Solo.
Kota Solo adalah kota kuno yang dibangun Paku Buwana II. Riwayat kota ini tidak bisa lepas dari sejarah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan penerus Kerajaan Mataram Islam. Surakarta dikenal sebagai salah satu pusat dan inti dari kebudayaan Jawa kuno karena secara tradisional merupakan salah satu pusat politik dan pengembangan tradisi Jawa. Kemakmuran wilayah ini sejak abad ke-19 telah mendorong berkembangnya berbagai literatur berbahasa Jawa, tarian, makanan, pakaian, arsitektur, dan beragam hasil budaya indah lainnya.

Kota Solo atau Surakarta sebagai kota yang sudah berusia 271 tahun ini terletak di pertemuan antara jalur selatan Jawa dan jalur utara jawa. Letaknya menjadikan posisinya yang strategis sebagai kota transit. Bisa kita bayangkan banyak sekali budaya yang ada.

Solo juga punya kawasan bersejarah yang mana sebagai peningalan budaya di masa lampau. Buktinya Kota Solo / Suarkarta memiliki banyak kawasan dengan situs bangunan tua bersejarah. Selain bangunan tua yang terpencar dan berserakan di berbagai lokasi, ada juga yang terkumpul di sekian lokasi sehingga membentuk beberapa kawasan kota tua, dengan latar belakang sosial dan budayanya masing-masing. Peninggalan sejarah dan kentalnya kebudayaan Jawa di kota Solo ini masih tampak jelas di setiap pojokan kota.

Kota dimana masyarakatnya mampu dan memahami arti pentingnya menjaga budaya. Banyak dari sekian tradisi ada di kota ini yang tentunya adalah sebuah budaya yang mampu dijaga dan sampai saat ini masih ada. Tradisi yang masih hidup dijaman sekarang ini yang sudah terhitung sangat cepat perubahan di segala aspek semua karena kuatnya untuk menjunjung tradisi setinggi – tingginya dan tidak melupakannya.
Tradisi Jawa masih ada dan terus berlanjut, dijunjung tinggi sebab inilah jati diri kota ini yang mempunyai branding sebagai Kota Representatif dari Jawa , brandingnya yaitu Solo The Spirit Of Java. Menelusuri waktu lampau dan seperti yang saya ungkapkan diawal Kota Solo sudah dikenal sebagai sebagai salah satu pusat dan inti dari kebudayaan Jawa kuno karena secara tradisional merupakan pengembangan tradisi Jawa. Bisa kita lihat bentuk fisik , masih ada Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan penerus Kerajaan Mataram Islam berdiri kokoh.

Bentuk lain seperti batik , banyak batik terkenal khas solo. Kemudian kesenian gamelan , tari tarian , makanan , minuman , bahasa jawa , bentuk komunikasi dan keramahan sebagai masyarakat jawa. Bnayak sekali , kalau disebutkan satu persatu ibarat gak cukup sehari buat bercerita.

Kota Solo terkenal sebagai kota yang harmonis dan menghargai satu sama lain. Buktinya banyak tradisi dan banyak kawasan budaya menarik disini seperti kawasan pecinan , kawasan pasar kliwon yang terkenal dengan kampung arab solo , dan beberapa kawasan yang ditinggali banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia. Semua kawasan itu benar – benar saling terhubung dan tidak ada satu batas apapun. Bahkan dalam satu kawasan benar – benar berbaur satu sama lain , tumplek belek. Keanekaragaman itu Indah nan harmonis.
Beberapa cerita , mulai dari Grebeg Sudiro dan Kawasan Pecinan utama diwilayah Sudiroprajan dan dibeberapa tempat lainnya di Kota Solo. Dalam kawasan Sudiroprajan ini dalam perayaan apapun saja semua berbaur jadi satu dan ini sudah menjadi budaya yang terus berlangsung. Ya bahkan dalam kehidupan sehari – hari pun. Termasuk juga dalam Grebeg Sudiro sebuah event nasional yang telah lama dikenal. Grebeg Sudiro ini pun mengabungkan dua kebudayaan yaitu Tiongha dan Jawa. Disini banyak menampilkan kesenian dan atraksi budaya yang ada.
Selanjutnya kawasan pasar kliwon yang terkenal dengan kampung arab ini juga memiliki banyak tradisi dan budaya menarik. Salah satunya adalah saat Haul Habib Ali, banyak tradisi dan tentunya sarat makna disini dan tak kalah dengan lainnya.
Kuliner bicara mengenai ini , wow gak selesai. Kuliner itu juga hasil budaya . kalau melihat kuliner setiap kota pun ada , seperti halnya Kota Solo , kamu akan banyak menemukan makanan dan minuman khas Kota Solo seperti halnya srabi notosuman , jenang dan timlo. Pokoknya mengenai kuliner dijamin kamu gak bakal selesai dan pastinya akan kangen.

Berdasarkan hal-hal diatas yang saya ungkapkan agar kamu mengenal lebih dekat Kota Solo. Kalau kamu main di sini pasti bakal kangen banget. Seperti apa yang saya rasakan Solo itu Ngangeni . Yupp ini ekplorasi budaya ku. Selamat Mengenal Kota Solo.

Yukk Mengenal Kota Solo, Kota Budaya Bikin Kangen Semua Orang

Yukk mengenal dan mengekploarsi budaya kita.

Cintailah negerimu sendiri dengan menjaga dan melestarikan budaya yang ada disekitarmu. Budaya Daerah mu itu Keren.

Tulisan ini dibuat untuk Gramedia Blogger Competions dengan tema Eksplorai Budayamu #46thMenginspirasi #NowWeSee

Mari Menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *